Lingkungan Palangka Raya

Palangka Raya merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sebagai kota yang berada di tengah di antara kota-kota lain di pulau terbesar ketiga di dunia serta kota yang digadang-gadang akan menjadi pusat administrasi negara, Palangka Raya sangat berpotensi menjadi kota penting di masa depan. Dikenal memiliki kerukunan antar umat beragama yang tinggi sehingga kerap kali menjadi role model kota rukun di Indonesia. Selain itu, Palangka Raya memiliki budaya lokal yang khas dan unik yang tidak dapat dijumpai kecuali di Kalimantan saja.

Palangka Raya dikenal merupakan daerah tropis dengan cuaca sedikit panas namun udara yang masih segar karena masih banyaknya pepohonan dan hutan lindung di Kalimantan Tengah. Dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu padat menjadikan Palangka Raya sebagai kota yang tenang dan cocok dijadikan pusat pendidikan, termasuk tempat untuk menempuh pendidikan tinggi.

slide2-kahayan-1-1321x430

Jembatan Kahayan Ikon Kota Palangka Raya

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki wisata alam yang masih sangat asri. Terdapat beberapa kawasan hutan lindung yang menawarkan wisata rekreasi alam yang menarik. Salah satu wisata alam dan satwa langka yang tersohor adalah Tanjung Puting, dimana bukan hanya wisata alam asri saja yang ditawarkan namun juga kesempatan untuk bertemu langsung dengan satwa langka Orang Utan di habitat aslinya. Akses bepergian ke tempat-tempat wisata tersebut tidaklah terlalu sulit ditempuh dari Palangka Raya.

Keunikan dari segi budaya dapat dilihat dari banyaknya paket wisata budaya seperti mengunjungi Huma Betang yang sudah sangat tua, ritual batiwah, serta Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Berbicara tentang makanan khas Palangka Raya cukuplah banyak dan bisa ditemukan di hampir setiap sudut kota. Terdapat berbagai macam makanan khas baik yang berasal dari budaya Banjar maupun budaya Dayak, dan semua itu bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah.

Sebagai pusat administrasi dan pendidikan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya menawarkan berbagai macam keunikan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan kepada setiap orang.