Organisasi Mahasiswa Institut

Organisasi Mahasiswa Institut merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat institut yang menjadi wadah pengembangan leadership skill, kemampuan akademik dan non-akademik, hardskill dan softskill, serta pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Adapun organisasi mahasiswa tingkat institut antara lain:

Dewan Mahasiswa Institut

Dewan Mahasiswa (disingkat DEMA) Institut adalah organisasi kemahasiswaan tingkat institut yang menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan leadership skill dan kemampuan berorganisasi.

Senat Mahasiswa Institut

Senat Mahasiswa (disingkat SEMA) merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat institut yang berfungsi sebagai lembaga legislatif mahasiswa. Disini para mahasiswa akan mempelajari dan meningkatkan kemampuan berorganisasi dan legislasi terkait Pedoman Organisasi Kemahasiswaan dan sebagai mitra kerja DEMA institut.

Unit Kegiatan Pramuka

IAIN Palangka Raya memiliki unit kegiatan Pramuka bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan Pramuka.

Lembaga Seni Mahasiswa

Lembaga Seni Mahasiswa adalah wadah para mahasiswa mengembangkan minat dan bakat di bidang seni.

Lembaga Olahraga Mahasiswa

Lembaga Olahraga Mahasiswa merupakan wadah para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan di bidang olahraga (sepak bola, futsal, basket, voli, tenis meja, badminton, dll)

Lembaga Pers Mahasiswa

Bagi para mahasiswa yang tertarik menjadi jurnalis, Lembaga Pers Mahasiswa adalah wadah untuk mengembangkan kemampuan di bidang jurnalistik. Lembaga Pers Mahasiswa memiliki buletin mingguan dan tabloid bulanan terkait dengan perkembangan kondisi kampus dan pemberitaan lainnya.

Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat

Unit Kegiatan Mahasiswa (disingkat UKM) Pencak Silat adalah wadah bagi para mahasiswa yang tertarik untuk belajar bela diri, khususnya Pencak Silat.

Student Research Center

Bagi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam melakukan penelitian, ataupun yang ingin mempelajari dan mendalami masalah-masalah terkait penelitian ilmiah, Student Research Center (disingkat SRC) adalah wadah yang tepat bagi para mahasiswa.

English Community

Perkembangan globalisasi yang semakin pesat sehingga mengaburkan batas-batas negara dalam banyak hal, menjadikan kebutuhan akan bahasa Inggris menjadi penting. English Community hadir sebagai lembaga pengembangan kemampuan berbahasa Inggris bagi para mahasiswa dalam bentuk komunitas.

Koperasi Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang tertarik mengembangkan kemampuan dan pengalaman di bidang kewirausahaan dan koperasi, Koperasi Mahasiswa (disingkat KOPMA) adalah wadah yang tepat bagi pengembangan diri.