TIM FASILITATOR DAN NARASUMBER FEBI DALAM "PELATIHAN VOCATIONAL DESIGN BRANDING PRODUCT UKM BERSAMA"

05 Oktober 2021
Dilihat : 233 kali

    Palangka Raya - Pelatihan Vocational Design Branding Product UKM Bersama diselenggarakan oleh Mukhtarudin Anggota Komisi VII DPR RI pERWAKILAN Kalteng, bekerjasama dengan FEBI IAIN Palangka Raya, Kementrian Koperasi RI dan Dinas Koperasi Kota Palangka Raya. Dinarasumberi oleh tim edukasi FEBI IAIN Palangka Raya yang dikoordinatori oleh Isra Misra, M.E., dan Muhammad Wahyuni, M.E., keduanya adalah Dosen pada FEBI IAIN Palangka Raya. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari 8 hingga 10 September 2021, bertempat di Hotel Fovere Kota Palangka Raya. Pelatihan yang dilaksanakan secara khusus ini diikuti oleh 30 peserta. Serta perlu diketahui bahwa kegiatan ini tidak melupakan protokol kesehatan yang ada.

    Diawali dengan sambutan dari H. Mukhtarudin selaku anggota Komisi VII DPR RI menyatakan "Pelatihan Vocational Design Branding Produk UKM Bersama ini terselenggara sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen saya sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah. Saya akan terus mendukung perkembangan dan keberlangsungan UKM di Kalimantan Tengah di masa pandemi covid-19 ini" imbuhnya. Ia juga menambahkan bahwa secara khusus sangat mendukung upaya strategis yang dilakukan FEBI IAIN Palangka Raya dalam setiap kegiatan edukasi ekonomi kerakyatan baik ditataran universiter maupun masyarakat luas.

    Sambutan pula dibawakan oleh Sabian Utsman selaku Dekan FEBI IAIN Palangka Raya "Untuk menciptakan peluang saat covid-19 ini justru kita perbanyak pelatihan atau edukasi supaya tantangan covid-19 ini dapat dijadikan peluang dengan menghadirkan teoritisi dan praktisi atau pelaku usaha. Saya merasa bersyukur FEBI bisa ambil bagian dalam kegiatan ini, yaitu dengan mengutus tim Narsum dan fasilitatornya yang membersamai selama 3 hari ini dengan materi dan ilmu yang sesuai" pungkasnya.

    Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palangka Raya yang diwakili oleh Ati Mulyati serta Drs. Rawang, hadir pula Dwi Andriani selaku ASDEP Pengembangan SDM UKM, Deputi Bidang UKM Hanung H. Rahman, serta tim fasilitator dari FEBI IAIN Palangka Raya.

Isra Misra, M.E selaku narasumber menyampaikan perihal :
-Innovation, Creativity and Enterpreneurship : Inovasi dalam produk, tujuan melakukan inovasi produk, dan kreatifitas.
-Builiding the Brand Strategy : Langkah awal membangun brand, cara membangun brand bisnis gratis via online, instrumen penting dalam membangun brand image.
-Brand Management Process :  Langkah-langkah dalam membuat brand baru
-Create Logo and Brand : Cara membuat logo dan merek, pencarian referensi logo serta memahami dan menyesuaikan visi dari bisnis tersebut.

Muhammad Wahyuni, M.E selaku narasumber menyampaikan perihal :
-Innovation, Creativity and Enterpreneurship : Menciptakan pasar baru, kreatifitas dalam bisnis, tips untuk menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif.
-Brand Value Creativity : Membangun identitas brand, mengkomunikasikan apa saja nilai terkandung pada brand, melihat persepsi pelanggan pada brand, membangun ikatan mendalam dengan pelanggan.
-Media Planning and Media Buying : Perencanaan media, memilih khalayak sasaran, merinci tujuan media dan pembelian media
-Create Logo and Brand : Membuat sketsa serta memiliki filosofi yang berarti didalam logo tersebut.

    Selanjutnya dari Kementerian Koperasi RI yang diwakili oleh Hj. Eti Sumanis, S.E., M.M. dalam arahannya pada penutupan acara menyatakan: "Pelatihan ini sangat penting untuk terus menghidupkan secara gradual supaya ekonomi kerakyatan semakin bertumbuh dan mampu menjawab tantangan dan meurunnya perekonomian akibat covid-19. Kementrian Koperasi RI juga berharap dgn pelatihan-pelatihan semacam ini akan menjadi solusi dan semakin membuahkan hasil yang strategis untuk perekonomian kita. Kementerian Koperasi RI juga mengapresiasi Kepada tim fasilitator dan narsum FEBI IAIN Palangka Raya yang bekerja keras dan fungsional untuk bekal menguatkan semangat para pelaku ekonomi kerakyatan kedepannya". Setelah itu beliau berharap kepada FEBI IAIN Palangka Raya untuk semakin masif lagi membersamai para pelaku UKM dengan berkoordinasi dengan DPR RI khususnya, Dinas Koperasi Kota Palangka Raya, dan juga dinas-dinas lain yang terkait.

    Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi lebih banyak lagi pelaku UKM yang ada di Kalimantan Tengah maupun di Indonesia dalam mengembangkan kreativitas bisnisnya walaupun sedang mengahadapi masa pandemi covid-19 ini.

FEBI JAYA! JAYA SEJAHTERA